BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah
Penulis membuat game Final Battle "Satya Special Force"
sebagai Tugas Akhir untuk Diploma 3, karena didasari oleh berbagai
alasan, yaitu: 1) Penulis menyukai game-game yang bertipe Role
Playing Game (Final Fantasy, Chrono Trigger, Tales Of Destiny, dan
lain lain); 2) Sedikitnya game buatan Indonesia yang beredar, apalagi
game yang mempunyai Story Line; 3) Penulis ingin menerapkan
kemampuan yang didapat selama perkuliahan dalam pembuatan
game berbasis Visual Basic.
Karena ketiga alasan tersebut di atas, akhirnya Penulis
memutuskan untuk membuat game bertipe RPG Fighting dengan
menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0. Game ini mempunyai Story
Line yang berbahasa Indonesia walaupun dalam sistemnya masih
menggunakan bahasa Inggris karena didasari oleh berbagai alasan.
Dalam pembuatan game ini Penulis menekankan pada fungsi
fighting dan Artificial Intelligent yang dapat menentukan pemilihan
Command pada game ini.
1.2. Batasan Sistem
Game Final Battle "Satya Special Force" mempunyai 3 mode
permainan, yaitu:
1. Story Mode, user akan menyelesaikan suatu cerita yang telah
disediakan oleh Penulis.
2. One Player Mode (Human Versus Computer), user akan melawan
komputer untuk mendapatkan point, yang selanjutnya point akan
digunakan untuk menambah kemampuan user.
3. Two Player Mode (Human Versus Human), sama seperti One
Player Mode, hanya saja user melawan user lain dengan
menggunakan satu komputer.
Game Final Battle "Satya Special Force" juga dilengkapi
dengan Edit Character Mode, yang berfungsi untuk:
1. Pembuatan karakter baru, user dapat memberikan nama,
memilih gender, dan memilih satu dari enam Job yang telah
disediakan oleh Penulis.
2. Pengeditan karakter yang sudah ada, user dapat mengedit
karakter yang dibuatnya. Sebelum melakukan pengeditan, user
harus memasukkan password yang digunakan untuk melindungi
karakter tersebut.
1.3. Rumusan Masalah
Beberapa rumusan masalah yang akan dikemukakan dalam
pembuatan game ini:
1. Bagaimana cara membuat game RPG Fighting yang mudah
dimainkan oleh semua golongan umur.
2. Bagaimana cara membuat logika fighting dalam game ini.
3. Bagaimana cara membuat AI sederhana, sehingga komputer
dapat menjalankan karakter serupa dengan manusia.
4. Dapatkah user membuat karakter sesuai dengan keinginannya.
5. Dapatkah user menaikkan kemampuan dari karakter yang
dibuatnya.
1.4. Tujuan
Beberapa tujuan yang ingin dicapai oleh Penulis dalam
pembuatan game ini:
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah
Penulis membuat game Final Battle "Satya Special Force"
sebagai Tugas Akhir untuk Diploma 3, karena didasari oleh berbagai
alasan, yaitu: 1) Penulis menyukai game-game yang bertipe Role
Playing Game (Final Fantasy, Chrono Trigger, Tales Of Destiny, dan
lain lain); 2) Sedikitnya game buatan Indonesia yang beredar, apalagi
game yang mempunyai Story Line; 3) Penulis ingin menerapkan
kemampuan yang didapat selama perkuliahan dalam pembuatan
game berbasis Visual Basic.
Karena ketiga alasan tersebut di atas, akhirnya Penulis
memutuskan untuk membuat game bertipe RPG Fighting dengan
menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0. Game ini mempunyai Story
Line yang berbahasa Indonesia walaupun dalam sistemnya masih
menggunakan bahasa Inggris karena didasari oleh berbagai alasan.
Dalam pembuatan game ini Penulis menekankan pada fungsi
fighting dan Artificial Intelligent yang dapat menentukan pemilihan
Command pada game ini.
1.2. Batasan Sistem
Game Final Battle "Satya Special Force" mempunyai 3 mode
permainan, yaitu:
1. Story Mode, user akan menyelesaikan suatu cerita yang telah
disediakan oleh Penulis.
2. One Player Mode (Human Versus Computer), user akan melawan
komputer untuk mendapatkan point, yang selanjutnya point akan
digunakan untuk menambah kemampuan user.
3. Two Player Mode (Human Versus Human), sama seperti One
Player Mode, hanya saja user melawan user lain dengan
menggunakan satu komputer.
Game Final Battle "Satya Special Force" juga dilengkapi
dengan Edit Character Mode, yang berfungsi untuk:
1. Pembuatan karakter baru, user dapat memberikan nama,
memilih gender, dan memilih satu dari enam Job yang telah
disediakan oleh Penulis.
2. Pengeditan karakter yang sudah ada, user dapat mengedit
karakter yang dibuatnya. Sebelum melakukan pengeditan, user
harus memasukkan password yang digunakan untuk melindungi
karakter tersebut.
1.3. Rumusan Masalah
Beberapa rumusan masalah yang akan dikemukakan dalam
pembuatan game ini:
1. Bagaimana cara membuat game RPG Fighting yang mudah
dimainkan oleh semua golongan umur.
2. Bagaimana cara membuat logika fighting dalam game ini.
3. Bagaimana cara membuat AI sederhana, sehingga komputer
dapat menjalankan karakter serupa dengan manusia.
4. Dapatkah user membuat karakter sesuai dengan keinginannya.
5. Dapatkah user menaikkan kemampuan dari karakter yang
dibuatnya.
1.4. Tujuan
Beberapa tujuan yang ingin dicapai oleh Penulis dalam
pembuatan game ini: