Abstrak
F. Psikologi
Pascasarjana Sains
Psikologi Sosial
Nopember, 2002
Perbandingan Konflik Peran Jender dan Seksisme
Laki-laki Suku Bangsa Batak, Minang dan Jawa
Meutia Nauly
6897000175
Jlh hal : ix + 180 + 28 tabel + lampiran.
Persepektif laki-laki perlu dicermati dalam konteks ketidak-adilan jender sebab
komunitas ini pun ternyata bagian dari korban ketidak-adilan jender tersebut.
Peningkatan kemampuan ekonomi, emosi dan sosial dari perempuan di satu sisi
memerlukan pengembangan identitas baru laki-laki, antara lain memperbesar bagiannya
dalam hal pengasuhan dan perawa tan, sehingga perempuan tidak dibebani berlebihan dan
laki-laki memiliki kebanggaan akan peran sebagai ayah. Me nghadapi pengembangan
identitas ini, laki-laki cenderung menghadapi dilema, di satu sisi harus menyesuaikan
diri dengan nilai-nilai baru seperti pengasuhan anak, di sisi lain masih dituntut
dengan nilai-nilai tradisional yang bertentangan. Kondisi ini dapat menjadi sumber konflik
peran jender bagi laki-laki.
Teori yang menjelaskan mengenai konflik peran jender dan keterkaitannya dengan
kondisi masyarakat yang seksis dan patriarkha t adalah teori konflik peran jender dari
O'Neil. Konflik peran jender adalah suatu keadaan psikologis, dimana sosialisasi peran
jender memiliki konsekuensi negatif terhadap orang tersebut maupun orang lain. Konflik
peran jender ini terdiri dari 4 aspek, yaitu (1) sukses, kekuasaan dan kompetisi, yaitu
konflik dan tekanan yang berlebihan di antara berbagai peran yang berkaitan dengan
sukses, kekuasaan dan kompetisi, (2) restrictive emotionality, (3) restrictive
affectionate behavior between men; (4) konflik antara pekerjaan dan keluarga.
Umumnya di Indonesia kondisi masyarakat masih patriarkhat, namun tuntutan
untuk perubahan ke arah kesamaan (equality) perempuan dan laki-l aki cukup bergema,
sehingga perlu meneliti konflik peran jender laki-laki ini di Indonesia. Konflik peran
jender erat kaitannya dengan budaya melalui proses sosialisasi penanaman peran jender.
Salah satu faktor pembeda budaya adalah prinsip keturunan, yaitu patrilineal, matr ilineal
dan bilateral, yang digunakan pada penelitian ini. Prinsip keturunan ini berperan dalam
menentukan peran dan kedudukan laki-laki dan perempuan di suatu masyarakat.
Kelompok masyarakat matrilineal menempatkan perempuan dalam posisi yang lebih
tinggi dibandingkan bilateral dan patrilineal. Pada penelitian ini kelompok masyarakat
patrilineal diwakili suku bangsa Batak, matr ilineal suku bangsa Minang dan bilateral suku
bangsa Jawa.
Menghadapi pengaruh luar seperti tuntutan keadilan jender, yang cenderung
bertolak belakang dengan nilai-nilai Budaya Batak dan Jawa, laki-laki ke dua suku
bangsa ini diduga mengalami konflik peran. Sedangkan pada laki-laki Minang, dimana
peran dan posisi laki-laki dan perempuan lebi h egaliter, dan sosialisasi peran jender tidak
terlalu menekan dibandingkan ke dua masyarakat Batak dan Jawa, peneliti berasumsi,
menghadapi pengaruh akan tuntutan keadilan jender, laki-laki Minang cender ung kurang
berkonflik dibandingkan laki-laki Jawa dan Batak.
Budaya memberi dasar bagi stereotip tent ang perempuan dan laki-laki. Stereotip
yang negatif dapat mendukung timbul nya prasangka. Prasangka berdasarkan jenis
kelamin disebut seksisme. Seksisme merupakan variabel yang juga diteliti, yang
diartikan sebagai sikap negatif terhadap pe rempuan. Kini pengukuran seksisme lebih
sensitif dalam mengungkapkan keberadaan seksisme yang disebut Swim dkk sebagai
seksisme modern, yang terdiri dari 3 faktor, yaitu (1) Penolakan bahwa diskriminasi
masih berlangsung; (2) penolakan terhadap tuntutan perempuan: (3) ketidak-sukaan akan
kebijakan khusus terhadap perempuan.
Ada pun masalah yang hendak dijawab adalah : (1) adakah perbedaan konflik
Meutia Nauly : Perbandingan Konflik Peran Jender Dan Seksisme Laki-Laki Suku Bangsa…, 2002
USU Repository © 2007
peran jender di antara ketiga kelompok laki-laki suku bangsa Batak, Minang dan
Jawa; (2) adakah perbedaan seksisme di antara ketiga kelompok laki-laki suku bangsa
Batak, Minang dan Jawa; (3) adakah peranan seksisme dan budaya dalam memunculkan
konflik peran jender pada laki-laki di ketiga kelom pok suku bangsa ini.
Alat ukur yang digunakan adalah skala kon flik peran jender, yang bersumber dari Gender
Role Conflict Scale dari O'Neil dan skala seksisme yang bersumber dari skala modern
sexisme dari Swim dan kawan-kawan. Subyek penelitian terdiri dari 300 orang, masing-masing
suku bangsa terdiri dari 100 orang laki-lak i suku bangsa Batak, Minang dan Jawa.
Penelitian di laksanakan di Medan. Pe ngolahan data menggunakan anova 1 arah untuk
permasalahan 1 dan 2 serta multiple regression untuk masalah 3, dengan bantuan program SPSS
versi 11.00.
Hasil penelitian adalah (1) terdapat perbedaan secara signifikan dalam hal
konflik peran jender di ketiga kelompok suku bangsa. Konflik peran jender laki-laki
Batak secara signifikan lebih tingg i dari konflik peran jender laki-laki Jawa, yang secara
signifikan lebih tinggi dari konflik peran jender laki-laki Minang: (2) Terdapat
perbedaan yang signifikan dalam hal seksisme diantara ketiga kelompok; (3) Terdapat
peran yang signifikan dari seksisme dan suku bangsa terhadap konflik peran jender pada
ketiga kelompok suku bangsa.
Diskusi mengenai : (1) hasil perbandinga n konflik peran jender, yaitu adanya
pengaruh budaya dalam konflik peran jender, dikaitkan dengan pendapat dan hasil
penelitian dari lhromi, 1975, Sipayung, 1986 dan Rodgers, 1990 untuk budaya Batak.
Sedangkan pendapat dan hasil penelitian Hatl ey (1990) digunakan untuk menguraikan
konflik peran jender dan budaya Jawa serta Navis (1985), Prindiville (1980) dan Ok-
Kyung Pak mengenai budaya Minang. Didiskusikan mengenai hasil penelitian pada
masing-masing aspek, seperti budaya `Batak ' dibandingkan budaya Minang dan Jawa
berperan meningkatkan konflik pada aspek sukses, kekuasaan dan kompetisi.
Sedangkan budaya `Minang' dibandingkan budaya Batak dan Jawa berperan
menurunkan konflik peran jender pada aspek homphobia. Juga didiskusikan penelitian
dari Kim (1990) mengenai kemungkinan vari abel tingkatan akulturasi berperan
meningkatkan konflik pada aspek sukses, kekuasaan dan kompetisi serta menur unkan
konflik diantara pekerjaan dan hubungan keluarga: (2) mengenai seksisme yaitu
perbedaan yang signifikan dalam hal seksisme di antara ketiga kelompok suku bangsa.
Didiskusikan pengaruh budaya dengan pendapat dan penelitian dari Ihromi (1980)
mengenai suku Batak; Sawitri (1987) unt uk suku Minang dan Tjirosubono (1998);
Hatley (1990) dan Kayam (1998) mengenai suku Jawa; (3) adanya peran yang
signifikan dari suku bangsa dan seksisme terh adap konflik peran jender. Didiskusikan
peran yang cukup besar herkaitan dengan hasil penelitian dan teori Konflik peran
jender dari O'Neil (1994).
Ada pun saran yang diutarakan antara lain: perlunya pendekatan kualitatif,
penelitian banding pada lingkungan asal budaya, penambahan variabel yang lain, seperti
tingkat akulturasi dan kesehatan mental, sert a saran aplikatif perlunya penelitian konflik
peran jender pada kasus-kasus laki-lak i yang berhubungan deng an jender seperti
kenakalan remaja laki-laki, ke kerasan di rumah tangga dan la in-lain serta pelibatan laki-
laki dalam perbincangan mengengai permasalahan anak dan keluarga.
Meutia Nauly : Perbandingan Konflik Peran Jender Dan Seksisme Laki-Laki Suku Bangsa…, 2002
USU Repository © 2007
F. Psikologi
Pascasarjana Sains
Psikologi Sosial
Nopember, 2002
Perbandingan Konflik Peran Jender dan Seksisme
Laki-laki Suku Bangsa Batak, Minang dan Jawa
Meutia Nauly
6897000175
Jlh hal : ix + 180 + 28 tabel + lampiran.
Persepektif laki-laki perlu dicermati dalam konteks ketidak-adilan jender sebab
komunitas ini pun ternyata bagian dari korban ketidak-adilan jender tersebut.
Peningkatan kemampuan ekonomi, emosi dan sosial dari perempuan di satu sisi
memerlukan pengembangan identitas baru laki-laki, antara lain memperbesar bagiannya
dalam hal pengasuhan dan perawa tan, sehingga perempuan tidak dibebani berlebihan dan
laki-laki memiliki kebanggaan akan peran sebagai ayah. Me nghadapi pengembangan
identitas ini, laki-laki cenderung menghadapi dilema, di satu sisi harus menyesuaikan
diri dengan nilai-nilai baru seperti pengasuhan anak, di sisi lain masih dituntut
dengan nilai-nilai tradisional yang bertentangan. Kondisi ini dapat menjadi sumber konflik
peran jender bagi laki-laki.
Teori yang menjelaskan mengenai konflik peran jender dan keterkaitannya dengan
kondisi masyarakat yang seksis dan patriarkha t adalah teori konflik peran jender dari
O'Neil. Konflik peran jender adalah suatu keadaan psikologis, dimana sosialisasi peran
jender memiliki konsekuensi negatif terhadap orang tersebut maupun orang lain. Konflik
peran jender ini terdiri dari 4 aspek, yaitu (1) sukses, kekuasaan dan kompetisi, yaitu
konflik dan tekanan yang berlebihan di antara berbagai peran yang berkaitan dengan
sukses, kekuasaan dan kompetisi, (2) restrictive emotionality, (3) restrictive
affectionate behavior between men; (4) konflik antara pekerjaan dan keluarga.
Umumnya di Indonesia kondisi masyarakat masih patriarkhat, namun tuntutan
untuk perubahan ke arah kesamaan (equality) perempuan dan laki-l aki cukup bergema,
sehingga perlu meneliti konflik peran jender laki-laki ini di Indonesia. Konflik peran
jender erat kaitannya dengan budaya melalui proses sosialisasi penanaman peran jender.
Salah satu faktor pembeda budaya adalah prinsip keturunan, yaitu patrilineal, matr ilineal
dan bilateral, yang digunakan pada penelitian ini. Prinsip keturunan ini berperan dalam
menentukan peran dan kedudukan laki-laki dan perempuan di suatu masyarakat.
Kelompok masyarakat matrilineal menempatkan perempuan dalam posisi yang lebih
tinggi dibandingkan bilateral dan patrilineal. Pada penelitian ini kelompok masyarakat
patrilineal diwakili suku bangsa Batak, matr ilineal suku bangsa Minang dan bilateral suku
bangsa Jawa.
Menghadapi pengaruh luar seperti tuntutan keadilan jender, yang cenderung
bertolak belakang dengan nilai-nilai Budaya Batak dan Jawa, laki-laki ke dua suku
bangsa ini diduga mengalami konflik peran. Sedangkan pada laki-laki Minang, dimana
peran dan posisi laki-laki dan perempuan lebi h egaliter, dan sosialisasi peran jender tidak
terlalu menekan dibandingkan ke dua masyarakat Batak dan Jawa, peneliti berasumsi,
menghadapi pengaruh akan tuntutan keadilan jender, laki-laki Minang cender ung kurang
berkonflik dibandingkan laki-laki Jawa dan Batak.
Budaya memberi dasar bagi stereotip tent ang perempuan dan laki-laki. Stereotip
yang negatif dapat mendukung timbul nya prasangka. Prasangka berdasarkan jenis
kelamin disebut seksisme. Seksisme merupakan variabel yang juga diteliti, yang
diartikan sebagai sikap negatif terhadap pe rempuan. Kini pengukuran seksisme lebih
sensitif dalam mengungkapkan keberadaan seksisme yang disebut Swim dkk sebagai
seksisme modern, yang terdiri dari 3 faktor, yaitu (1) Penolakan bahwa diskriminasi
masih berlangsung; (2) penolakan terhadap tuntutan perempuan: (3) ketidak-sukaan akan
kebijakan khusus terhadap perempuan.
Ada pun masalah yang hendak dijawab adalah : (1) adakah perbedaan konflik
Meutia Nauly : Perbandingan Konflik Peran Jender Dan Seksisme Laki-Laki Suku Bangsa…, 2002
USU Repository © 2007
peran jender di antara ketiga kelompok laki-laki suku bangsa Batak, Minang dan
Jawa; (2) adakah perbedaan seksisme di antara ketiga kelompok laki-laki suku bangsa
Batak, Minang dan Jawa; (3) adakah peranan seksisme dan budaya dalam memunculkan
konflik peran jender pada laki-laki di ketiga kelom pok suku bangsa ini.
Alat ukur yang digunakan adalah skala kon flik peran jender, yang bersumber dari Gender
Role Conflict Scale dari O'Neil dan skala seksisme yang bersumber dari skala modern
sexisme dari Swim dan kawan-kawan. Subyek penelitian terdiri dari 300 orang, masing-masing
suku bangsa terdiri dari 100 orang laki-lak i suku bangsa Batak, Minang dan Jawa.
Penelitian di laksanakan di Medan. Pe ngolahan data menggunakan anova 1 arah untuk
permasalahan 1 dan 2 serta multiple regression untuk masalah 3, dengan bantuan program SPSS
versi 11.00.
Hasil penelitian adalah (1) terdapat perbedaan secara signifikan dalam hal
konflik peran jender di ketiga kelompok suku bangsa. Konflik peran jender laki-laki
Batak secara signifikan lebih tingg i dari konflik peran jender laki-laki Jawa, yang secara
signifikan lebih tinggi dari konflik peran jender laki-laki Minang: (2) Terdapat
perbedaan yang signifikan dalam hal seksisme diantara ketiga kelompok; (3) Terdapat
peran yang signifikan dari seksisme dan suku bangsa terhadap konflik peran jender pada
ketiga kelompok suku bangsa.
Diskusi mengenai : (1) hasil perbandinga n konflik peran jender, yaitu adanya
pengaruh budaya dalam konflik peran jender, dikaitkan dengan pendapat dan hasil
penelitian dari lhromi, 1975, Sipayung, 1986 dan Rodgers, 1990 untuk budaya Batak.
Sedangkan pendapat dan hasil penelitian Hatl ey (1990) digunakan untuk menguraikan
konflik peran jender dan budaya Jawa serta Navis (1985), Prindiville (1980) dan Ok-
Kyung Pak mengenai budaya Minang. Didiskusikan mengenai hasil penelitian pada
masing-masing aspek, seperti budaya `Batak ' dibandingkan budaya Minang dan Jawa
berperan meningkatkan konflik pada aspek sukses, kekuasaan dan kompetisi.
Sedangkan budaya `Minang' dibandingkan budaya Batak dan Jawa berperan
menurunkan konflik peran jender pada aspek homphobia. Juga didiskusikan penelitian
dari Kim (1990) mengenai kemungkinan vari abel tingkatan akulturasi berperan
meningkatkan konflik pada aspek sukses, kekuasaan dan kompetisi serta menur unkan
konflik diantara pekerjaan dan hubungan keluarga: (2) mengenai seksisme yaitu
perbedaan yang signifikan dalam hal seksisme di antara ketiga kelompok suku bangsa.
Didiskusikan pengaruh budaya dengan pendapat dan penelitian dari Ihromi (1980)
mengenai suku Batak; Sawitri (1987) unt uk suku Minang dan Tjirosubono (1998);
Hatley (1990) dan Kayam (1998) mengenai suku Jawa; (3) adanya peran yang
signifikan dari suku bangsa dan seksisme terh adap konflik peran jender. Didiskusikan
peran yang cukup besar herkaitan dengan hasil penelitian dan teori Konflik peran
jender dari O'Neil (1994).
Ada pun saran yang diutarakan antara lain: perlunya pendekatan kualitatif,
penelitian banding pada lingkungan asal budaya, penambahan variabel yang lain, seperti
tingkat akulturasi dan kesehatan mental, sert a saran aplikatif perlunya penelitian konflik
peran jender pada kasus-kasus laki-lak i yang berhubungan deng an jender seperti
kenakalan remaja laki-laki, ke kerasan di rumah tangga dan la in-lain serta pelibatan laki-
laki dalam perbincangan mengengai permasalahan anak dan keluarga.
Meutia Nauly : Perbandingan Konflik Peran Jender Dan Seksisme Laki-Laki Suku Bangsa…, 2002
USU Repository © 2007