ABSTRAK
EFEKTIFITAS PERMAINAN BELAJAR BINGO DALAM
MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA SISWA KELAS III
SEKOLAH DASAR NEGERI KENOKOREJO 03 KECAMATAN
POLOKARTO
Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Rumusan masalah
yaitu: (1) Apakah permainan belajar bingo dapat meningkatkan penguasaan kosa
kata dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III SD N Kenokorejo 03?
(2) Apakah permainan belajar bingo dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa
dalam penguasaan kosa kata bahasa Indonesia pada kelas III SD N Kenokorejo
03? (3) Apakah permainan belajar bingo dapat meningkatkan kreativitas belajar
siswa dalam penguasaan kosa kata kelas III SD N Kenokorejo 03?.
Tujuan Penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Meningkatkan
penguasaan kosa kata dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia; (2) Meningkatkan
keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia SDN Kenokorejo
03; (3) Meningkatkan kreatifitas belajar siswa dalam penguasaan kosa kata kelas
III dalam penguasaan kosa kata kelas III SDN Kenokorejo 03.
Data penelitian yaitu menginformasikan: (1) Tingkat penguasaan kosa kata
siswa; (2) Keaktifan belajar dalam penguasaan kosa kata siswa; (3) Kreatifitas
belajar dalam penguasaan kosa kata siswa kelas III. Sumber data yaitu guru,
siswa, lingkungan belajar, daftar nilai. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan pendekatan proses dengan metode observasi partisipatif,
wawancara, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam mengadakan
evaluasi penelitian yaitu berupa lembar pengamatan, tes, kartu kata, serta daftar
nilai kelas III SD N Kenokoerejo 03. Teknik Analisis data yang digunakan yaitu
dengan analisis kritis dan analisis komparatif
Hasil penelitian ini, data awal nilai siswa yang mencapai ketuntasan
minimal 64 adalah 37.5%, pada siklus I pada nilai tugas dan nilai ulangan
meningkat menjadi 50% dan 67.5%, keaktifan dan kreatifitas belajar siswa 37.5%
dan 25 %. Pada siklus II penguasaan kosa kata menjadi 87.5% keaktifan belajar
62.5% kreatifitas belajar 50%. Pada siklus III mencapai indikator keberhasilan
penelitian yaitu 80 % siswa mencapai nilai di atas nilai KKM, tingkat penguasaan
kosa kata siswa mencapai 100%, 87.5% siswa ikut aktif dalam kegiatan belajar
mengajar, sedangkan 100% siswa mampu meningkatkan kreatifitasnya. Dengan
demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) efektifitas permainan
belajar bingo dapat meningkatkan penguasaan kosa kata siswa; (2) Permainan
belajar bingo meningkatkan keaktifan belajar; (3) Permainan belajar bingo
meningkatkan kreatifitas belajar siswa kelas III SD N Kenokorejo 03 tahun
2009/2010.
EFEKTIFITAS PERMAINAN BELAJAR BINGO DALAM
MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA SISWA KELAS III
SEKOLAH DASAR NEGERI KENOKOREJO 03 KECAMATAN
POLOKARTO
Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Rumusan masalah
yaitu: (1) Apakah permainan belajar bingo dapat meningkatkan penguasaan kosa
kata dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III SD N Kenokorejo 03?
(2) Apakah permainan belajar bingo dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa
dalam penguasaan kosa kata bahasa Indonesia pada kelas III SD N Kenokorejo
03? (3) Apakah permainan belajar bingo dapat meningkatkan kreativitas belajar
siswa dalam penguasaan kosa kata kelas III SD N Kenokorejo 03?.
Tujuan Penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Meningkatkan
penguasaan kosa kata dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia; (2) Meningkatkan
keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia SDN Kenokorejo
03; (3) Meningkatkan kreatifitas belajar siswa dalam penguasaan kosa kata kelas
III dalam penguasaan kosa kata kelas III SDN Kenokorejo 03.
Data penelitian yaitu menginformasikan: (1) Tingkat penguasaan kosa kata
siswa; (2) Keaktifan belajar dalam penguasaan kosa kata siswa; (3) Kreatifitas
belajar dalam penguasaan kosa kata siswa kelas III. Sumber data yaitu guru,
siswa, lingkungan belajar, daftar nilai. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan pendekatan proses dengan metode observasi partisipatif,
wawancara, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam mengadakan
evaluasi penelitian yaitu berupa lembar pengamatan, tes, kartu kata, serta daftar
nilai kelas III SD N Kenokoerejo 03. Teknik Analisis data yang digunakan yaitu
dengan analisis kritis dan analisis komparatif
Hasil penelitian ini, data awal nilai siswa yang mencapai ketuntasan
minimal 64 adalah 37.5%, pada siklus I pada nilai tugas dan nilai ulangan
meningkat menjadi 50% dan 67.5%, keaktifan dan kreatifitas belajar siswa 37.5%
dan 25 %. Pada siklus II penguasaan kosa kata menjadi 87.5% keaktifan belajar
62.5% kreatifitas belajar 50%. Pada siklus III mencapai indikator keberhasilan
penelitian yaitu 80 % siswa mencapai nilai di atas nilai KKM, tingkat penguasaan
kosa kata siswa mencapai 100%, 87.5% siswa ikut aktif dalam kegiatan belajar
mengajar, sedangkan 100% siswa mampu meningkatkan kreatifitasnya. Dengan
demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) efektifitas permainan
belajar bingo dapat meningkatkan penguasaan kosa kata siswa; (2) Permainan
belajar bingo meningkatkan keaktifan belajar; (3) Permainan belajar bingo
meningkatkan kreatifitas belajar siswa kelas III SD N Kenokorejo 03 tahun
2009/2010.