BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Memasuki milenium ke tiga, dunia mengalami perkembangan teknologi yang cukup pesat. Era teknologi yang berkembang ini banyak membantu penyampaian informasi dari satu tempat ke tempat lainnya. Penyajian informasi yang baik ini dapat menjadi pemacu berkembangnya sebuah perusahaan, karena dampak dari kemajuan teknologi ini dapat dirasakan oleh perusahaan dan satuan-satuan yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam aktifitas perusahaan tersebut.
Tak dapat dipungkiri kalau perkembangan dunia komputer pada era globalisasi sekarang ini sangat pesat. Komputer pada saat ini banyak digunakan di sekolah, kantor, rumah usaha ataupun di rumah tangga. Ruang lingkupnya sudah sangat luas, sehingga sudah merambah sampai ke hal-hal yang paling kecil sekalipun. Komputer merupakan suatu perangkat elektronik yang sifatnya fleksibel sehingga dapat di program oleh manusia untuk menjadi alat bantu dalam menyelesaikan berbagai macam permasalahan sesuai dengan kebutuhan.
Seperti diketahui bahwa penyajian informasi secara manual dianggap sudah kurang memenuhi syarat maka komputer adalah pilihan yang paling tepat. Komputer sebagai perangkat pengolah data yang sangat cepat dan akurat sangat memenuhi harapan maupun keinginan bagi pelaku usaha yang sangat memerlukan efisiensi dalam bidang usahanya.
Aplikasi berbasis multiuser merupakan aplikasi yang memungkinkan kita mengakses data dari komputer yang berbeda asalkan antara komputer itu sudah dihubungkan oleh jaringan dengan dikontrol oleh sebuah server. Sehingga kita dapat dengan mudah mengirimkan data kekomputer yang lain tanpa harus membawa berkas atau file yang ada dikomputer kita.
AJS Interiors sebagai objek dalam penulisan skripsi ini merupakan perusahaan penjualan furnitur yang masih menggunakan peralatan seadanya dalam melakukan transaksi dan pencatatan data transaksi. Hal ini membuat perlunya dibuat sebuah sistem terkomputerisasi yang dapat membantu karyawan dan pemilik perusahaan dalam mendata setiap transaksi yang ada.
1.2 Perumusan Masalah
Abdi Jaya Sentosa (AJS) Furniture dan Artefact merupakan suatu jenis usaha khusus yang bergerak dibidang penjualan furniture yang berbahan dasar kayu, hingga saat ini masih menerapkan sistem administrasi perdagangan secara manual. Hal tersebut yang menjadi pertimbangan penulis untuk mengembangkan sistem pengolahan data yang memanfaatkan teknologi Multiuser itu, untuk memudahkan para karyawan untuk mengetaui informasi yang mereka butuhkan disetiap waktu dan memudahkan bagi manejer perusahaan untuk mengontrol pegawainya.
Hal ini menjadi sasaran untuk mencoba menerapkan semaksimal mungkin ilmu yang sudah didapatkan. Pengolahan data dan informasi yang berhubungan dengan masalah penjualan barang di toko ini, sangatlah tidak efisien terutama bila pengolahan data masih dilakukan secara manual dan pengontrolan kegiatan harian maupun bulanan yang diolah semakin membengkak. Untuk itu suatu komputerisasi pengolahan data dan informasi tentu saja akan sangat membantu. Data yang diolah tersebut menghasilkan informasi data-data barang, penjualan dan pemesanan barang, supplier, dan transaksi pembayaran di AJS Furniture dan Artefact yang diolah dengan memanfaatkan teknologi jaringan.
Sesuai dengan latar belakang masalah yang sudah dijelaskan, maka dalam penyusunan laporan kerja praktek ini diambil judul “ SISTEM KOMPUTERISASI PENGOLAHAN DATA PENJUALAN BARANG FURNITURE DAN ARTEFACT DI AJS INTERIORS – YOGYAKARTA BERBASIS JARINGAN ” yang bertempat di Jl. Solo Km.8, Yogyakarta.
1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan Akademik dari penelitian ini adalah agar dapat menyelesaikan studi di lingkungan Aktivitas Akademika STMIK AKAKOM Yogyakarta, karena skripsi merupakan salah satu syarat wajib yang dilaksanakan oleh setiap mahasiswa STMIK AKAKOM Yogyakarta dalam menyelesikan jenjang Strata Satu (S1).
Tujuan lain yang ingin dicapai dari Skripsi ini adalah bagaimana membangun sebuah sistem yang dapat dengan mudah mendata setiap setiap transaksi barang yang masuk dan keluar dan dapat membantu karyawan yang dibagian EDP untuk menghitung dan mendata barang digudang dan tersimpan dalam sebuah Server. Sehingga para pelayanan kepada konsumen dapat memuaskan
1.4 Batasan Masalah
Dari latar belakang masalah yang sudah diuraikan di atas, maka masalah-masalah yang ada dapat dibatasi pada transaksi penjualan dan pemesanan barang furniture yang akan dijual. Dan barang yang masuk merupakan barang yang telah diseleksi sehingga pada program ini tidak terdapat retur barang.
Pemesanan barang pada supplier sudah dipastikan bahwa barang pesanan tersebut ada, dan transaksi harga sesuai dengan harga barang pada saat proses pemesanan barang dalam arti walaupun barang tersebut akan digunakan bulan depan akan tetapi harga barang tidak berubah.
Dalam penelitian ini, objek penelititan dibatasi pada :
1. Pendataan nama-nama barang
2. Pendataan nama-nama suplier
3. Pendataan barang masuk ke gudang
4. Pendataan pemesanan barang
5. Pendataan barang-barang yang terjual
1.5 Metode Pengumpulan Data
Dalam penyusunan laporan tugas akhir ini diperlukan data dan informasi yang berhubungan dengan permasalahan yang akan ditangani. Untuk itu dilakukan dua macam cara dalam hal pengumpulan data, yaitu sebagai berikut :
1.5.1. Wawancara
Dengan melakukan wawancara secara langsung dengan bagian pemilik AJS Interiors yakni Bpk. Soleman dan Ibu Ade Soleman selaku pengelola maupun manager dalam AJS tersebut, dan dilakukannya wawancara ini adalah untuk mengumpulkan data dan informasi secara keseluruhan. Wawancara ini berlangsung beberapa kali sehingga data-data dan informasi yang sudah diperlukan dapat memenuhi syarat untuk pengelolaan suatu sistem informasi dan program sederhana.
1.5.2. Studi Kepustakaan
Membaca literatur yang banyak berhubungan atau setidaknya ada hubungannya dengan permasalahan yang dihadapi.
1.6 Sistematika Penulisan
Adapun sistematika dalam penyusunan skripsi ini, secara keseluruhan terinci sebagai berikut.
1.6.1 Bab I Pendahuluan
Pada bab ini diuraikan tentang latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan penelitiaan, batasan masalah, metode pengumpulan data dan sistematika penulisan.
1.6.2 Bab II Landasan Teori.
Pada bab ini diuraikan tentang sejarah singkat berdirinya AJS Interiors, produk dari AJS Interiors, dan konsep perancangan basis data.
1.6.3 Bab III Perancangan Sistem
Pada bab ini diuraikan tentang definisi sistem, perangkat lunak, perancangan berkas, perancangan sistem, penjelasan sistem, dan perancangan keluaran.
1.6.4 Bab IV Implementasi dan Pembahasan
Pada bab ini diuraikan tentang pemilihan perangkat lunak, spesifikasi program, algoritma pembuatan program dan contoh prosedur.
1.6.5 Bab V Penutup
Pada bab ini diuraikan tentang kesimpulan dari karya tulis dan saran-saran untuk pengembangan program lebih lanjut