Perencanaan Dan Pembuatan Perangkat Lunak Untuk Menggabungkan Data Audio-Visual Hasil Rekaman Dengan Data Audiovisual Hasil Animasi Komputer
BAB I
Pendahuluan
1.1 LATAR BELAKANG
Perkembangan teknologi komputer dan elektronika dewasa ini terasa sangat pesat, baik dari segi perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Jika pada mulanya komputer lebih banyak digunakan untuk hal-hal yang bersifat ilmiah saja, seperti untuk mengerjakan perhitungan matematis, dan hanya dapat menampilkan teks yang terdiri dari huruf-huruf dan angka-angka dengan warna yang sangat terbatas, maka komputer pribadi (PC) pada generasi sekarang ini telah dapat digunakan untuk menampilkan gambar grafik dengan resolusi jutaan warna, merancang dan menampilkan animasi, dan bahkan dapat digunakan pula untuk menyajikan informasi audio-visual yang berisi gambar bergerak dan suara.
Dengan adanya kemampuan komputer untuk menyajikan informasi audiovisual ini, semakin banyak orang yang memanfaatkannya dengan membuat data audio-visual untuk berbagai keperluan seperti pendidikan, hiburan, informasi, dan periklanan. Untuk menghasilkan data audio-visual dengan tampilan yang lebih menarik dapat dilakukan dengan memanipulasi data audio-visual yang diperoleh dari hasil rekaman. Salah satu jenis modifikasi tersebut adalah dengan menggabungkan data audio-visual hasil rekaman tersebut dengan data audiovisual lain yang diperoleh dari hasil animasi komputer.
Pendahuluan I-2 Untuk itu kami merancang suatu perangkat lunak komputer yang dapat digunakan untuk menggabungkan dua jenis data audio-visual di atas sehingga menghasilkan satu data audio-visual yang baru. Data audio-visual yang baru ini akan berisikan gambar dan suara yang merupakan gabungan dari gambar dan suara dari kedua data audio-visual masukannya. Semua data audio-visual yang digunakan di sini berbentuk digital dan disimpan dalam file dengan format AVI.