BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Kalkulus Proposisi (Propositional Calculus) adalah suatu metode yang digunakan untuk menghitung nilai kebenaran dari proposisi, sedangkan proposisi adalah pernyataan yang dapat ditentukan nilai kebenarannya (benar atau salah).
Suatu proposisi terdiri dari operand – operand yang biasanya diwakili oleh huruf – huruf dalam abjad dan operator – operator yang memiliki aturan nilai kebenarannya masing – masing. Nilai kebenaran dari suatu proposisi tergantung kepada operator – operator yang terdapat dalam proposisi dan nilai masing – masing operand. Semakin banyak jumlah operand dan operator dalam suatu proposisi, maka proses pencarian nilai kebenaran dari proposisi tersebut akan semakin rumit. Kalkulus proposisi dapat digunakan untuk menentukan apakah sebuah kalimat adalah valid atau kontradiktif, dan apakah dua buah kalimat merupakan kalimat – kalimat yang ekivalen satu dengan lainnya.
Berdasarkan uraian di atas, penulis bermaksud untuk membuat tugas akhir dengan judul “Perancangan Perangkat Lunak Pembelajaran Kalkulus Proposisi”. Perangkat lunak yang dirancang memiliki kemampuan untuk mengeksekusi masukan (input) yang berupa proposisi dan menghasilkan output berupa tabel kebenaran dari proposisi dan gambar gate logika dari proposisi yang di-input.
1.2 Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang pemilihan judul, maka permasalahan dapat dirumuskan sebagai berikut :
1. Membagi proposisi ke dalam sub proposisi.
2. Merancang tabel kebenaran dari proposisi langkah demi langkah.
3. Membuat gambar gate logika dari proposisi yang di-input.
1.3 Tujuan dan Manfaat Penulisan
Tujuan penyusunan tugas akhir (skripsi) ini adalah untuk merancang suatu perangkat lunak yang mampu menginterpretasikan kalkulus proposisi (propositional calculus).
Manfaat dari penyusunan tugas akhir (skripsi) ini yaitu :
1. Membantu pembelajaran kalkulus proposisi (propositional calculus).
2. Sebagai fasilitas pendukung dalam proses belajar – mengajar.
1.4 Pembatasan Masalah
Karena keterbatasan waktu dan pengetahuan penulis, maka ruang lingkup permasalahan dalam merancang perangkat lunak ini antara lain :
1. Input proposisi dibatasi hanya pada keyboard sedangkan output proposisi pada layar monitor.
2. Panjang proposisi dibatasi maksimal 100 karakter.
3. Jumlah operand maksimal 5 buah, yaitu diwakili oleh huruf a, b, c, d dan e.
4. Operasi – operasi pada proposisi yang didukung oleh perangkat lunak antara lain, operasi not (negasi / tidak) yang disimbolkan oleh ~, operasi or (disjungsi / atau) yang disimbolkan oleh , operasi and (konjungsi / dan) yang disimbolkan oleh , operasi if – then (implikasi) yang disimbolkan oleh dan operasi if – and – only – if (biimplikasi / ekivalensi) yang disimbolkan oleh .
1.5 Metodologi Penyelesaian Masalah
Langkah – langkah pembuatan perangkat lunak ini antara lain :
a. Mencari dan mengumpulkan data – data yang diperlukan untuk pembuatan perangkat lunak baik dari pengetahuan dan pengalaman penulis maupun dari sumber – sumber lainnya, seperti buku – buku komputer.
b. Membaca dan mempelajari buku – buku yang berhubungan dengan kalkulus proposisi (propositional calculus).
c. Mengidentifikasi aturan nilai kebenaran dari masing – masing operator proposisi.
d. Mempelajari cara penggambaran gate logika dari proposisi.
e. Merancang interface perangkat lunak pembelajaran dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0.
f. Merancang perangkat lunak untuk mengeksekusi proposisi yang di-input dan menampilkan hasil / output berupa tabel kebenaran dan gate logika dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0.