ABSTRAK
Perkembangan komputer yang semakin cepat dan canggih membawa dunia ini ke dalam peradaban yang baru. Komputer merupakan satu-satunya penemuan yang mengalami revolusi yang tercepat. Salah satu pemanfaatan perkembangan komputer adalah dalam bidang komputer grafis yang sangat mungkin untuk mensimulasikan pertumbuhan tanaman dengan mengimplementasikan grammar pertumbuhan tanaman. Pertumbuhan tanaman ini merupakan salah satu tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang memikirkan, yang di singgung dalam surat An Nahl ayat 11. Manusia yang memikirkan tentang kekuasaan Allah ini pasti akan memikirkan bagaimana pertumbuhan tanaman itu terjadi. Jika diamati pertumbuhan tanaman ini dalam kehidupan nyata ini akan memakan waktu lama, sehingga dengan adanya perkembangan dalam bidang komputer grafis ini kita akan bisa mengamati pertumbuhan dengan cepat. Hal ini tentu akan berguna dalam perkembangan dalam bidang pertanian. Jadi inilah pentingnya kita membuat simulasi dalam komputer grafis untuk mempermudah dalam mengamati pertumbuhan tanaman yang nyata dalam waktu cepat dalam bentuk simulasi tadi. Tujuan penelitian ini adalah membuat suatu aplikasi untuk menampilkan pertumbuhan batang tanaman Cemara Norfolk kedalam bentuk grafis(simulasi) menggunakan L-sistem dengan bahasa pemograman delphi.
Metoda yang digunakan untuk mensimulasi pertumbuhan tanaman ini menggunakan suatu teori yang dikenal dengan Lindenmayer System (disingkat LSystem). L-system sendiri adalah sistem penulisan ulang pararel, yaitu jenis dari grammar (satu set aturan dan simbol) resmi paling terkenal yang digunakan untuk permodelan proses pertumbuhan tanaman, tapi juga mampu untuk modelkan morfologi dari berbagai organisme. Framework dari L-System terdiri dari initial structure dan rewriting rules. Inti pengembangannya adalah penggantian secara Paralel menggunakan rewriting rules yang ada. Dimulai dari initial structure, L-System menggantikan setiap bagian dari struktur yang ada dengan menerapkan rule secara sekuensial. Jadi, dengan grammar yang spesifik untuk suatu tanaman tertentu akan dapat menghasilkan pertumbuhan tanaman yang menyerupai tanaman sebenarnya di alam nyata. Hasil dari penelitian ini hanya bisa mensimulasikan pertumbuhan batang tanaman dalam bentuk grafis yang berupa garis, yang mana ini merupakan sudah merupakan kemajuan yang cukup baik dalam bidang komputer grafis. Pengembangan selanjutnya aplikasi ini akan bisa membuat bentuk batang yang menyerupai tanaman yang sebenarnya.