ABSTRAK
a Malik Ibrahim Malang. Pembimbing: Dra. Hj.Sulalah, M.Ag.
Kata Kunci: Media Kartu Permainan, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam
Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di Sekoalah Dasar, masih
menunjukkan berbagai permasalahan. Proses pembelajaran saat ini masih sebagai
proses penyampaian pengetahuan tentang materi Pendidikan Agama Islam.
Metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam sering lebih ditekankan dengan
model ceramah dan hafalan. Sehingga penyampaian kurang variatif. Akibatnya
siswa kurang memahami manfaat dari apa yang telah dipelajarinya. Hal ini,
menyebabkan pembelajaran yang dilakukan oleh guru cenderung monoton dan
membosankan. Kondisi ini pada akhirnya berdampak terhadap prestasi belajar
siswa. Untuk itu perlu diterapkan penggunaan media pembelajaran yang efektif
untuk mencapai kompetensi yang diharapkan, salah satunya dengan menggunakan
media kartu permainan. Media ini merupakan solusi alternatif untuk menjadikan
pembelajaran lebih efektif dan inovatif.
Berdasarkan uraian di atas, maka fokus masalah yang diambil dalam
penelitian ini adalah Bagaimana penggunaan media kartu permainan untuk
meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam kelas V di SDN Merjosari III Malang.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan jenis
kolaboratif partisipatoris . Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
teknik observasi, pengukuran hasil belajar, dan dokumentasi. Data yang bersifat
kualitatif dianalisis secara deskriptif kualitatif sedangkan data kuantitatif
dianalisis dengan deskriptif kuantitatif.
Dari tiga siklus yang diterapkan, disimpulkan bahwa penggunaan media
kartu permainan terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar. Hasil peningkatan
prestasi belajar siswa dapat dilihat dari data di lapangan, yang menunjukkan
peningkatan prestasi belajar siswa dari pre test ke post test sebesar 46%. Bentuk
dari peningkatan hasil prestasi belajar siswa yaitu, berusaha untuk belajar dengan
menggunakan kartu permaian, memodifikasi kegiatan belajar dengan cara
mengorganisir siswa untuk melakukan diskusi secara kelompok, memotivasi
siswa dalam pelaksanaan proses belajar mengajar, serta menciptakan proses
belajar mengajar yang menyenangkan.
Dari hasil penelitian ini, peneliti memberikan beberapa saran sebagai bahan
pertimbangan kepada pihak-pihak instansi terkait di lingkungan lembaga
pendidikan formal terutama kepada guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam,
untuk menggunakan media kartu permainan, guna meningkatkan prestasi belajar
siswa. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan pengaruh
penggunaan media kartu permainan terhadap prestasi belajar siswa.
File Selengkapnya.....