ABSTRAK
Kata kunci : Penggunaan Komik dan Permainan Kartu Bilangan, Hasil Belajar.
Latar belakang penulisan skripsi ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Gunung Gempol, Kecamatan Jumo, Kabupaten Temanggung yang masih dibawah KKM yang telah ditentukan sekolah yaitu 62, dari 12 siswa 25% atau 3 siswa masih mendapatkan nilai dibawah KKM yang telah ditentukan sekolah, hal ini diduga disebabkan dalam proses pembelajaran menggunkan pembelajaran konvensional.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas kelas V SD Negeri Gununggempol tahun pelajaran 2011/ 2012 yang bejumlah 12 siswa. Model PTK yang digunakan model Tripp (dalam Subyantoro, 2007 : 25) dengan dua siklus dan langkah-langkah mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, sampai dengan refleksi. Tekhnik analisis yang digunakan statistik diskriptif yakni distribusi frekuensi, mean, skor minimal- maksimal, dan prosentase. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi selama kegiatan pembelajaran berlangsung dengan menggunakan lembar observasi keaktifan siswa, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan Komik dan Permainan Kartu Bilangan Pada Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Pecahan Mampu Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Gunung Gempol Kabupaten Temanggung Tahun Ajaran 2011/2012. Hal ini ditunjukkan dengan 100% siswa pada siklus II mampu mencapai standar KKM yang telah ditentukan sekolah. Dengan demikian, penggunaan komik dan permainan kartu bilangan sesuai untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Gunung Gempol. Selain hasil belajar meningkat, siswa merasa senang karena bermain sambil belajar.
File Selengkapnya.....