ABSTRAK
Instant Messaging adalah suatu mekanisme pengiriman pesan dari pengirim ke penerima, yang langsung sampai ke penerima, dan terlihat sampai dengan segera dan bisa disebut real-time Messaging. Cara komunikasi Instant Messaging dua arah, artinya dalam satu waktu kedua pihak (pengirim dan penerima) dapat mengirimkan pesan.
Pada tugas akhir ini dilakukan pengembangan perangkat lunak Instant Messaging pada mobile device pada sisi client, yaitu sebuah Yahoo Messenger mobile client. Secara umum aplikasi ini akan menyesuaikan library JYMSG, dan menggunakan protokol Yahoo agar dapat berkomunikasi dengan server Yahoo. Perangkat lunak ini dikembangkan di platform J2ME dengan profile MIDP 2.0 dan konfigurasi CLDC
1.1. Pengembangan perangkat lunak ini dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu studi literatur, analisis, perancangan, implementasi perangkat lunak, dan pengujian perangkat lunak. Tahap analisis menggunakan metode berorientasi objek dan menggunakan UML untuk melakukan pemodelan. Tahap pengujian dilakukan dengan menguji aplikasi di emulator dan di mobile device, dari tahap ini didapatkan hasil pengujian dan perbandingan kinerja di kedua platform.
Pengembangan aplikasi Yahoo Messenger mobile client berhasil dilaksanakan namun dengan berbagai keterbatasan diantaranya keterbatasan device, seperti hanya mendukung MIDP 2.0 dan CLDC 1.1. Selain itu juga ada keterbatasan penanganan protokol Yahoo oleh library, karena protokol Yahoo adalah proprietary protocol dan Yahoo tidak pernah mempublikasikan dan mendokumentasikan protokolnya. Hasil dari pengujian menunjukkan adanya perbedaan hasil pada kedua platform, hal ini disebabkan karena perbedaan koneksi Internet. Kondisi ideal didapatkan ketika menggunakan cable Internet di emulator.
File Selengkapnya.....
Kata kunci : Instant Mesaging, mobile device, Yahoo Messenger Protocol, JYMSG Yahoo Messenger mobile client.