ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V SDN Krogowanan melalui penerapan metode permainan dalam pembelajaran IPA. Minat belajar siswa dilihat dari antusiasme, rasa ingin tahu, perhatian, partisipasi aktif, menghargai pendapat, dan ketekunan.
Penelitian dilaksanakan di SDN Krogowanan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V berjumlah 24 siswa. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan berkolaborasi dengan guru kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Teknik pengambilan data yaitu pengamatan dan skala minat. Validitas instrumen dilakukan melalui expert judgement. Teknik analisis data berupa teknik analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa kelas V SDN Krogowanan dalam pembelajaran IPA dapat meningkat melalui penerapan metode permainan. Pada siklus I, hasil pengamatan menunjukkan bahwa 87,50% siswa mencapai minat belajar pada kategori baik. Hasil angket yaitu 100% siswa mencapai minat belajar pada kategori baik. Pada siklus II, penerapan metode permainan disertai perbaikan tindakan berupa siswa dimotivasi untuk bertanya dengan menunjukkan media permainan, jenis permainan dimodifikasi menjadi permainan yang dilakukan di depan kelas serta berkompetisi dengan kelompok lain, dan penyampaian pendapat dilakukan melalui tindakan yang berkontribusi untuk menyelesaikan permainan. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa 95,80% siswa mencapai minat belajar pada kategori baik. Hasil angket yaitu 100% siswa mencapai minat belajar pada kategori baik.
Kata Kunci: minat belajar siswa, metode permainan
File Selengkapnya.....