ABSTRAK
Pengembangan multimedia pembelajaran matematika untuk siswa kelas 3 Sekolah Dasar dilatarbelakangi oleh belum tercapainya ketuntasan minimal oleh sebagian besar siswa, selain itu belum adanya media belajar mandiri yang dapat membantu siswa belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mendapatkan produk multimedia pembelajaran matematika untuk siswa kelas 3 Sekolah Dasar, (2) mengetahui tingkat kelayakan multimedia pembelajaran, dan (3) mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan multimedia pembelajaran. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas 3 SD N 1 Kepurun.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengadaptasi model pengembangan Alessi dan Trolip yaitu (1) perencanaan, meliputi: analisis masalah dan analisis kebutuhan, (2) Desain, meliputi: pembuatan flowchart, storyboard, dan desain antarmuka, (3) tahap pengembangan media, meliputi pengumpulan materi, pembuatan produk, penulisan kode, pengujian alpha, revisi, dan pengujian beta. Alat pengumpul data yag digunakan adalah angket, data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) hasil pengembangan multimedia pembelajaran matematika berupa aplikasi android dengan format *.apk, (2) secara umum multimedia pembelajaran yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai pendukung pembelajaran dengan persentase kelayakan sebesar 83,34% dari ahli media, 70,5% dari ahli materi, serta 92,9%, dari pengguna, dan (3) ketuntasan hasil belajar siswa setelah menggunakan multimedia pembelajaran matematika sangat baik, yaitu sebesar 80%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aplikasi berdampak positif terhadap hasil belajar siswa.
Kata kunci: pengembangan, kelayakan, hasil belajar, multimedia pembelajaran, matematika
File Selengkapnya.....