ABSTRAK
Permasalahan siswa yang merasa kesulitan dalam pembelajaran menulis yang disebabkan oleh tidak adanya media pembelajaran sehingga mengurangi kreatifitas siswa dan karakteristik media game yang kompetitif dan di dapat mengasah kretifitas. Untuk itu perlu dikembangkan sebuah game edukasi sebagai media pembelajaran yang dapat memotivasi siswa dalam belajar.Ada beberapa kelebihan dari game edukasi dibandingkan dengan metode konvensional. Salah satu kelebihan utama game edukasi adalah pada visualisasi permasalahan nyata.
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mengetahui kebutuhan guru dan siswa terhadap game edukasi berbasis Adobe Flash CS5 untuk keterampilan menulis bahasa Arab, (2) mendiskripsikan gambaran prototipegame edukasi berbasis Adobe Flash CS5, (3) mengetahui validitas ahli dan guru terhadap produk game edukasi berbasis Adobe Flash CS5, dan (4) mengetahui efektifitas game edukasi berbasis Adobe Flash CS5 untuk keterampilan menulis bahasa Arab dengan kelas uji coba adalah kelas VIII MTs Negeri Slawi.
Desain penelitian ini adalah research and development (R&D). Data penelitian ini diperoleh melalui tes dan non tes. Alat pengambilan data tes berupa soal tes untuk siswa berdasarkan materi yang sudah diajarkan. Alat data non tes yang digunakan berupa wawancara, observasi siswa terhadap kecepatan pemahaman, kreativitas, dan hasil belajar, serta angket kebutuhan guru dan siswa, angket uji validitas ahli terhadap media game edukasi berbasis Adobe Flash CS5 dan dokumentasi foto.
Kesimpulan penelitian ini adalah hasil analisis kebutuhan menunjukkan guru dan siswa menghendaki sebuah media game edukasi yang memuat enam kompunen utama yaitu SK dan KD, Kosakata, Bacaan, Tata Bahasa, Evaluasi, dan Profil. Pada game ini terdiri empat tema, yaitu profesi, hobi, aktifitas di rumah, dan menjenguk orang sakit. Evaluasi terdiri dari permainan berupa permainan kata dalam bentuk puzzle game dan terdiri dari tiga level untuk masing-masing tema. Penilaian ahli media dan ahli materi menujukkan hasil kesesuaian pada aspek rekayasa perangkat lunak, komunikatif, visual, audio, kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa, dan kontekstual.Hasil uji hipotesis diterima, dengan rincian hasil uji hipotesis pihak kanan yang dihasilkan dari nilai siswa mengerjakan soal tes menunjukkan t hitung 18,237 dan hasil penilaian siswa melalui angket menujukkan t hitung 19,841. Semuanya jatuh di daerah penerimaan Ha, sehingga Ha diterima. Adapun t tabel 1,711 jatuh pada penerimaan Ho, sehingga produk baru lebih efektif dari produk lama.
Kata kunci: Pengembangan Game Edukasi, Adobe Flash CS5, dan Keterampilan Menulis
File Selengkapnya.....