ABSTRAK
Tujuan proyek akhir yaitu : 1) menghasilkan desain dan menata kostum Kupu- kupu pada pergelaran Fairy Tales of Fantasy. 2) mendesain dan mengaplikasikan rias wajah fantasi pada Kupu-kupu yang sesuai dengan tema Fairy Tales of Fantasy. 3) menampilkan Kupu-kupu dalam cerita Beauty and The Beast pada pergelaran Fairy Tales of Fantasy.
Metode yang digunakan untuk mengembangkan Kupu-kupu yaitu: 1) mencari sumber ide dengan cara mengkaji alur cerita Beauty and The Beast. 2) mempelajari karakter Kupu-kupu dengan memenuhi prinsip desain, menentukan warna kosmetik untuk make up wajah, test make up, pemilihan warna yang disesuaikan pada karakter Kupu-kupu pada pergelaran Fairy Tales of Fantasy. 3) tahap persiapan dengan cara pembentukan panitia, menentukan tempat pergelaran, menerapkan kostum, rias wajah, gladi bersih hingga tahap pelaksanaan pergelaran.
Hasil proyek akhir yaitu: 1) tercipta kostum Kupu-kupu dengan dominasi warna kuning, hijau, biru dan ungu. 2)tercipta tata rias wajah fantasi Kupu-kupu yang anggun, dinamis dan full colours. 3) terselenggara pergelaran Fairy Tales of Fantasy dengan menampilkan Kupu-kupu dalam cerita Beauty and The Beast pada tanggal 17 Maret 2012 jam 13.00 WIB di Gedung Taman Budaya Yogyakarta.
Kata kunci : Kupu-kupu, Beauty and The Beast, RiasFantasi, Fairy Tales of Fantasy.
File Selengkapnya.....