ABSTRAK
Kata Kunci: Role playing method, Sejarah, Motivasi Belajar.
Pendidikan merupakan suatu proses untuk menghasilkan manusia berbudaya tinggi untuk melaksanakan tugas dan kewajibanya dimasyarakat. Namun dalam menjalani pendidikan tidak mudah dan banyak masalah yang dihadapi yang harus diselesaikan. Semakin berkembangnya dunia pendidikan, guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar dituntut menggunakan berbagai strategi pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa.
Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya diadakan pembaharuan dalam meningkatkan kreativitas mengajar guru dalam pengelolaan
proses pembelajaran, dimana sebagian besar guru masih melaksanakan pembelajaran dengan metode tradisional atau ceramah. Sehingga hal itu dapat menimbulkan kejenuhan, serta menurunkan motivasi belajar siswa.
Berdasarakan uraian di atas, diatas maka dapat dirumuskan masalahnya sebagai berikut: 1. Bagaimanakah perencanaan role playing method dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah di MTs Al-Ma’arif Cumpleng, Brondong, Lamongan. 2. Bagaimanakah pelaksanaan role playing method dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah di MTs Al-Ma’arif Cumpleng, Brondong, Lamongan.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi (pengamatan), wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang dilakukan penulis, dapat disimpulkan bahwa: 1. Perencanaan PTK dengan menggunakan role playing method pada siswa kelas VIII B MTs Al-Ma’arif Cumpleng, Brondong, Lamongan meliputi dua aspek perencanaan, yakni perencanaan kelas dan perencanaan luar kelas. Perencanaan kelas yang berupa setting kelas, penyiapan mental para siswa, dan menyiapkan alat yang dibutuhkan dalam pelaksanaan role playing. Sedangkan perencanaan luar kelas yakni berupa pembuatan RPP dan pembuatan skenario cerita untuk bermain peran 2). Pelaksanaan Metode Bermain Peran setiap siklusnya diadakan dalam 2 x 45 menit, sesuai dengan RPP, Pelaksanaan Bermain Peran dari satu siklus ke siklus selanjutnya menggunakan waktu yang semakin panjang. Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII B di MTs Al=Ma’arif cumpleng, Brondong, Lamongan hasilnya meningkat dari 51%, ke 77% menjadi 83%.
File Selengkapnya.....