ABSTRAK
Kata kunci: Pembelajaran yang Menyenangkan, Brain Gym, Hasil Belajar, IPA
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kondisi pembelajaran yang kurang menyenangkan dan tidak membiasakan siswa untuk mengembangkan potensi berpikirnya mengakibatkan siswa cenderung menjadi malas berpikir secara mandiri sehingga hasil belajar mata pelajaran IPA siswa sebagian besar rendah (di bawah KKM yaitu 60), sehingga perlu ditunjang adanya pemilihan metode yang tepat dan strategi dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, khususnya pada mata pelajaran IPA. Salah satau strategi untuk menciptakan Pembelajaran yang Menyenangkan ( Joyful Learning ), salah satunya adalah dengan menerapkan metode Brain Gym. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah ÒApakah dengan Pembelajaran yang Menyenangkan (Joyful Learning) melalui penerapan Brain Gym dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 1 Rojoimo?Ó. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran yang menyenangkan dengan penerapan metode Brain Gym. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas tipe kolaborasi yang dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus I direncanakan 3 kali pertemuan, dan siklus II direncanakan 2 kali pertemuan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa lembar observasi dan butir soal tes. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan pemahaman yang ditandai dengan ketuntasan hasil belajar. Peningkatan pemahaman belajar siswa tersebut terjadi secara bertahap, dimana pada Pra Siklus hanya terdapat 16 siswa (45,7%) yang telah tuntas dalam belajarnya, pada Siklus I melalui 3 pertemuan ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 31 siswa (88,6%) yang telah tuntas, dan pada Siklus II ketuntasan belajar siswa 100%. Bagi siswa yang belum dapat memahami materi dengan metode ceramah dapat menggunakan pembelajaran menyenangkan melalui penerapan Brain Gym karena meningkatkan kemampuan belajar, menumbuhkan rasa percaya diri dan membangun rasa kebersamaan dengan menggunakan keseluruhan otak.
File Selengkapnya.....
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kondisi pembelajaran yang kurang menyenangkan dan tidak membiasakan siswa untuk mengembangkan potensi berpikirnya mengakibatkan siswa cenderung menjadi malas berpikir secara mandiri sehingga hasil belajar mata pelajaran IPA siswa sebagian besar rendah (di bawah KKM yaitu 60), sehingga perlu ditunjang adanya pemilihan metode yang tepat dan strategi dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, khususnya pada mata pelajaran IPA. Salah satau strategi untuk menciptakan Pembelajaran yang Menyenangkan ( Joyful Learning ), salah satunya adalah dengan menerapkan metode Brain Gym. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah ÒApakah dengan Pembelajaran yang Menyenangkan (Joyful Learning) melalui penerapan Brain Gym dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 1 Rojoimo?Ó. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran yang menyenangkan dengan penerapan metode Brain Gym. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas tipe kolaborasi yang dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus I direncanakan 3 kali pertemuan, dan siklus II direncanakan 2 kali pertemuan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa lembar observasi dan butir soal tes. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan pemahaman yang ditandai dengan ketuntasan hasil belajar. Peningkatan pemahaman belajar siswa tersebut terjadi secara bertahap, dimana pada Pra Siklus hanya terdapat 16 siswa (45,7%) yang telah tuntas dalam belajarnya, pada Siklus I melalui 3 pertemuan ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 31 siswa (88,6%) yang telah tuntas, dan pada Siklus II ketuntasan belajar siswa 100%. Bagi siswa yang belum dapat memahami materi dengan metode ceramah dapat menggunakan pembelajaran menyenangkan melalui penerapan Brain Gym karena meningkatkan kemampuan belajar, menumbuhkan rasa percaya diri dan membangun rasa kebersamaan dengan menggunakan keseluruhan otak.
File Selengkapnya.....