ABSTRAK
Latar belakang penelitian dan pengembangan ini karena adanya kebutuhan suatu media pembelajaran yang variatif untuk pengenalan nilai-nilai karakter. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan dan mengetahui kelayakan alat permainan edukatif Wayang Ular Tangga (Walarta), (2) mengetahui keefektifan alat permainan edukatif Wayang Ular Tangga (Walarta) untuk pengenalan nilai-nilai karakter pada anak TK Kelompok B.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research & development) dengan mengacu pada model yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang telah diadaptasi dengan mengambil bagian yang sesuai dengan kebutuhan peneliti. Penelitian yang dilakukan 7 dari 10 prosedur menurut Borg & Gall. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 38 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan wawancara. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik mean.
Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah: menghasilkan alat permainan edukatif Wayang Ular Tangga yang layak dengan melakukan langkah-langkah prosedur pengembangan Borg & Gall. Wayang Ular Tangga (Walarta) layak digunakan untuk pengenalan nilai-nilai karakter pada anak TK kelompok B berdasarkan hasil validasi dari ahli materi mendapat skor 44 dengan kategori baik dengan dan ahli media mendapat skor 46 dengan kategori sangat baik, uji coba awal mendapat skor 31,65 dengan kategori baik, uji coba lapangan mendapat skor 38,63 dengan kategori sangat baik. Wayang Ular Tangga (Walarta) efektif untuk pengenalan nilai-nilai karakter pada anak TK kelompok B.
Kata kunci: alat permainan edukatif, wayang ular tangga, nilai karakter